23
Feb
11

Service Hardisk Maxtor Matot


Bismillah,

Bru saja mendapat pasien hardisk,Maxtor Type diamondmax 40Gb. Kasusnya gak kedetect. Gak ada tandakehidupan,suara desing motor hardisk tak terdengar. Perkiraan ku adalah masalah power,aku cekmulai connector,siapa tau Cuma sekedar pin connector power yang longgar atau terkorosi.wah,ternyata baikbaik saja.Lalu kucoba ukur tegangan pada 4pin motor,kelihatannya seperti model motor steper yang sering kugunakan dalam mikrokontroler an ada tiga pin node A b dan C serta 1 center.di pin ABC terukur tegangan sama 12 volt an,sedang di pin center terukur nol volt.Padahal aku bandingkan dengan hardisk yang sehat harusnya semua terukur 8volt.Nah, bagianpengatur daya ini.coba ku ukur beberapa transistor ,alhamdulillah kutemukan sebuah transistor jenis PNP dekat connector power short antara collector emitor.wah kecil banget bentuknya

 

Kucoba saja ganti dengan transistor daya menengah yg umum di pasaran,pilihan jatuh pada Transistor PNP BD140,moga moga cukup kuat.Kulepas transistor kecil tsb dengan solder uap,dan kupasang BD140 dengan sedikit trik supaya cukup nyaman menempel di chasis,karene bantuknya yang jauh memakan ruang. Bismillah,kupasang kabel power,siiiing,terdengar suara motor berputar,coba ku connect ke computer dengan kabel converter ATA to USB,Alhamdulillah normal.terimakasih ya Allah,engkau berikan lagi ilmu pada hamba mu ini.

About these ads

3 Responses to “Service Hardisk Maxtor Matot”


  1. 1 khoirudin
    April 2, 2012 at 1:15 pm

    MasyaAllah… hebattt sampeyan Cakk.
    Ak kudu sregep nyambangi blog iki.
    wis 10 tahun ak ora utak utek elektro, sakjeke lulus teko stm telkom sawojajr.
    hebatt hebatt…
    Cak, aku njaluk petunjuk lek ndandani HD SAMSUNG 160 GB, sakjane gransi seh 3 thun. tpi krono wis tak bongkar dadi yo ora gransi, barange seh anyar gress, TAK paketno nang alamte sampeyan, gelem opo ora?

    Abu jundullah ( arema asli/ ngrantau neng ibukota)

  2. 2 astavito
    January 30, 2013 at 10:29 pm

    mas kalau hdd sata sama ga bentu transitornya dan letak posisinya ? sy ada hdd merk hitachi 160GB,sama matotnya..

  3. 3 joko lanang
    April 25, 2013 at 2:58 pm

    Kalau he seagate kok gk ada transistor nya?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: