19
Jun
10

Service TV Samsung Hitron matot


TV ini benar benar bandel,waktunya dibutuhkan pas piala dunia eeh,rewel.menurut agan yang punya si pasien awalnya susah start,untuk hidup perlu di panasi beberapa lama,kayak mesin diesel saja.akhirnya pas piala dunia matot deh,benar benar malang nih agan yang juga kebetulan temen deket saya.Bismillah setelah kubuka chasing nya,kubersihkan circuit nya yang sudah sangat berdebu dengan blower dan kuas. wah wah elco penyearah primer 220uf 400volt sangat mengenaskan,menggembung parah
kuganti dengan nilai yang sama,coba kuhidupkan,yaaa,belum bisa deh apanya yaa?kuukur Transistor defleksi horizontal c5386 baik baik saja.pengukuran pasif gak cukup ini.kunyalakan,tegangan pada elco primer bagus,285volt.kuukur tegangan B+ 125Volt dan 14 Volt…..tiiing,tidak ada tegangan,berarti ada masalah pada regulator primer ini.kucari deh schematic nya di internet

dari blok diagram,peregulasian primer dilakukan oleh STR dengan metode switching power suply.tanpa pikir panjang langsung kuganti,dan ini kesalahanku,tidak kuperiksa komponen penunjangnya,clap,hidup sebentar lalu sekring putus dan IC STR yang ber kode KA 5Q0765 terbakar.

kuperiksa  komponen penunjangnya dan ternyata zener diode dengan kode 1n4750 untuk tegangan vcc(setelah kucari datasheetnya ini adalah zener 27volt 1 watt) sudah short,jadinya tegangan yang masuk ke ic menjadi 98 volt ac karena kapasitor filter yang bernilai 33uf 50 volt juga aus,alamak,jelas aja ic ini hancur,di datsheet nya tegangan vcc max nya 40volt DC.langsung aku meluncur ke toko eletronik langganan,ada. kupasang zener dan kapasitor dan ku pasang lagi IC STR yang baru.langsung kurakit kembali,bismillah,kihidupkan,creees,suara derit tanda kehidupan muncul dan selesai lah pekerjaan kali ini,alhamdulillah,ilmu kudapat,hoby tersalur,profit yang lumayan.alhamdulillah


22 Responses to “Service TV Samsung Hitron matot”


  1. 1 Tanto
    December 31, 2010 at 4:41 am

    Salam kenal
    Kasusnya hampir sama, hanya saya sudah cek semua komponen dan hasil bagus. kapasitor 33uf50V saya ganti. Str 5q0765 juga ganti. sebelum colok power AC, Tr Horisontal aku lepas, regulator bekerja normal, output trafo juga normal.
    Tetapi ketika TR Horisontal aku pasang dan power on, ada tanda2 kehidupan tetapi sesaat kemudian STR langsung overload dan belah jadi 2.
    Apa solusinya, mohon pencerahannya.
    Terima kasih

    • January 3, 2011 at 1:54 am

      @mas tanto:kalo transistor Horizontal hidup sebentar terus short lagi,biasanya capasitor horizontal mas yang sudah aus,kalo di ukur pakai capasitansi meter akan terlihat nilainya turun drastis.pengalaman saya,langsung ganti baru dg nilai yg sama mas.jangan lupa pula kalo STR jebol selalu diikuti dengan zener yg short,ganti zener 8.5volt nya mas,terus periksa R dan Diode pendukung STR tsb.semoga membantu

  2. 3 diding
    February 22, 2011 at 5:42 am

    mantaf bro…pertanda dah bunyak jam terbangnya nich di pertelevisian..

  3. 5 amdani
    February 23, 2011 at 1:41 pm

    mantaf sharingnya….
    kalo tv saya (Toshiba Bomba Jr. cembung), kagak keluar suaranya, mau nunggu 10 menit baru tuh suara berangsur kedegeran normal…
    kira2 apanya ya?….blum prnh bongkar sih…blm berani..hehee..

    thanks & salam,
    amdani

    • February 24, 2011 at 2:58 am

      kalo liat sepintas sih,kelihatannya power suply untuk daerah 14 volt an mas,biasanya selain untuk vertikal dipakai juga untuk ic audio.kemungkinan cuma elco elco yg dah aus,sehingga cycle pemuatan dan pengosongan muatannya dah gak beres

      • 7 amdani
        February 26, 2011 at 2:49 pm

        thanks mas Alwan…nnti saya coba bongkar sndiri..moga2 ketemu pnykitnya…
        karena lokasi saya jauh…sudikah kalo ada hal lain yg saya mau tanya…saya PM ke email mase….soale know how saya di bidang elektro sangat minim..malah boleh dibilang nekat..hehe..
        kalo sampean bersedia…ini YM saya: dan_melayu2citra@yahoo.co.id

        salam dari kota panas, Tangerang
        amdani

      • March 1, 2011 at 4:25 am

        @mas amdani@dengan senang hati mas

  4. 9 amdani
    March 2, 2011 at 3:51 pm

    terima kasih sekali lagi mas..

    salam,
    amdani

  5. 10 eko
    April 12, 2011 at 3:21 pm

    mas saya punya msalah ttg samsung hitron tvnya kurang lebar setelah aku ganti defleksi.setelah
    aku bukak service gak bisa tlong kasih tau paswod untuk bukak service modenya?
    seblumya trims sdh baca keluhanku

  6. 12 amdani
    May 6, 2011 at 5:06 am

    Mas Chotib ini emang teope dah….
    TV saya sekarang dah sembuh berkat bantuan jarak jauh dari sampeyan…
    Makasih banyak ya….GUSTI ALLAH sing mbales!!!
    Sori baru sempet report di blog ini…..
    Semoga bermanfaat!!
    Mantaf…makin sukses ya Mas…!!

    salam,
    amdani

  7. 13 fajar
    November 20, 2012 at 3:55 am

    salam kenal mas mau nanya tv saya niko 21″ (tv china) mati total kira2 dimanaya kerusakaannya, trims banget sebelumnya

  8. 14 faza fauzan
    April 4, 2013 at 12:25 am

    mkasi atas ilmunya, moga bermanfaat tuk orang banyak

  9. 15 lukman alfaqir
    April 12, 2013 at 7:33 pm

    saya pumya samsumg 19″ plat tegangan yang 110 nya naik 235v. gmn solusinya…..

  10. 16 coy
    October 31, 2013 at 10:49 pm

    mau tanya bos tv samsung saya mati waktu aku putar screennya kok konslet yg rusak apanya ya tolong solusi nya bos

  11. 17 solikin
    November 2, 2013 at 12:21 pm

    salam kenal mas, mau ikut bljr

  12. April 12, 2014 at 3:10 pm

    I blog frequently and I truly thank you
    for your content. This great article has truly peaked my interest.
    I am going to book mark your website and keep
    checking for new information about once per week. I opted in for your RSS feed as well.

  13. May 10, 2014 at 2:36 pm

    Hi, I do think this is an excellent site. I stumbledupon it😉 I’m going to return once again since i have book-marked it.
    Money and freedom is the greatest way to change, may you be rich and continue to help others.

  14. 20 gusman_ndoe@yahoo.co.id
    December 12, 2014 at 9:04 am

    Gan Jualan Remot Samsung Flatron 29” yg Original gak??? Mau Buka data servis…

  15. 21 Joseph
    February 28, 2015 at 1:02 am

    Sir i want the mother board for my Samaung hitron 21A5 tv can u please supply the same for me which is the picture above

  16. March 14, 2015 at 3:31 pm

    Mantap surantap bro… Punya skema Samsung CS-21Z58 mas Chotib ?


Leave a Reply

