17
Jul
10

Cara Instal winXp dari Flasdisk


Ini bisa di gunakanuntuk menginstall WinXp jika PC atau netbook anda tidak mempunyai CD/DVDROM drive.

Langkah Persiapan :

  1. Sebuah komputer yang dilengkapi dengan optical drive (CD atau DVD) dan port USB yang dapat bekerja dengan baik.
  2. Sebuah USB flash disk berkapasitas 1 atau 2 GB.
  3. CD instalasi Windows XP.
  4. Aplikasi pembuat modul instalasi (USB_PREP8 dan PEtoUSB) yang bisa di download cuma – cuma di sini dan disinii

Langkah – Langkah :

  1. Tancapkan USB flash disk ke salah satu port USB, dan ingat posisi drive nya, apakah F:, G:, H:, atau yang lainnya.
  2. Saat dalam posisi normal (desktop) masukan CD instalasi WIndows XP ke Optical Drive. Jika komputer menjalankan proses instalasi secara otomatis, batalkan saja dan tutup semua aplikasi yang sedang ebrjalan.
  3. Download dan ekstrak seluruh file yang tadi di download ke sebuah folder, contoh C:\USB.
  4. Kemuadian buka folder tempat kamu mengekstrak file tadi ( C:\USB )
  5. Jalankan file bernama “usb_prep8.bat” maka dilayar akan tampak jendela Command Prompt berisi macam – macam perintah. Jika sudah muncul tulisan “Press any key to continue”, tekan sembarang tombol untuk konfirmasi.
  6. Dilayar akan muncul jendela PEtoUSB yang meminta kamu untuk memformat USB flash disk kamu. Tidak perlu merubah setting apapun, langsung klik Start untuk memulai proses format. Jawab konfirmasi sesuai kebutuhan kamu.
  7. Jika sudah selesai, tutup jendela PEtoUSB (Jangan menutup jendela Command Prompt yang tadi terbuka ketika menjalankan usb_prep8.bat), maka dilayar akan muncul opsi – opsi dari 0 hingga 5.
  8. Gunakan opsi 1 untuk memilih sumber file instalasi yang nantinya akan disalin ke flash disk. Disini, tentukan di drive mana kamu menyimpan instalasi Windows XP. Pilih saja optical drive dimana sudah ada CD Windows XP di dalamnya.
  9. Pilih opsi 3 untuk menentukan dimana kamu memasang flash disk, jika di F:, maka ketik F dan tekan enter, atau jika di G:, maka ketik G dan tekan enter, dan lain sebagainya.
  10. Selanjutnya pilih opsi 4 untuk memulai proses pembuatan modul instalasi yang nantinya akan disalin ke flash disk secara otomatis. Jawab apapun konfirmasi yang muncul dengan Y atau YES atau OK atau bentuk persetujuan lain.

Selesei,flashdisk sudah dapat digunakan layaknya anda memilika optical drive.Pasang Flash disk, silahkan masuk pada Seting Boot pada BIOS,pilih Boot pertama pada USB HDD,atau USB removable. Lanjutkan instalasi seperti biasanya.Selamat mencoba


2 Responses to “Cara Instal winXp dari Flasdisk”


  1. July 21, 2010 at 3:09 am

    Ada keluhan dari beberapa teman yang gagal dalam membuat flashdisk menjadi media installer ini. Ternyata kesalahan terdapat pada peng extract an file.Untuk itu file,Hasil extract jadikan dalam satu folder,ingat,”semua file”dari pe to usb dan usb prep8,jadikan dalam satu folder.

  2. 2 Suprapto Priyono AG
    May 15, 2011 at 4:49 am

    Mengomentari artikel anda tentang “cara instal winxp dari flasdisk”, bagaimana mungkin bila pada Seting Boot pada BIOS, tidak terdapat pilihan Boot pertama USB HDD,atau USB removablea, saya pernah mengalami pada laptop di mana pilihan bootnya hanya Hdd, Optical drive, dan Lan. padahal optical drive nya rusak.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: