24
Jan
11

Service LCD monitor TREQ


Bismillah,

Gejala pasien ini,tidak mau nyala.indikator hidup sebentar,terlihat kilatan cahaya sebentar lalu mati lagi. Dugaan awal bagian regulator.setelah dicek semua komponen,kecuali IC(krn gak bisa di ukur)semua baik baik saja. kucoba rangkai kembali,ketika kucoba tekan terus tombol power,cahaya lampu backlight muncul,disertai suara creeeeessssss,seperti tegangan tinggi flyback televisi.Nah mulai fokus nih pencarian,sekitar Teganagn tinggi!,berarti di daerah inverter dan lampu backlight.Kulepas kabel yg menuju lampu,kuamati seksama,raster muncul dengan gambar yg gelap.Ini dia penyakitnya,bukan inverter yg rusak,tapi mungkin lampu backlight CCl nya.Ada semacam ABL(kalo di televisi) Auto Brightnes limiter,yg berhubungan langsung dengan mesin utama.Ketika ada beban berlebih karena rusaknya lampu ccl,mesin memerintahkan mesin untuk berhenti bekerja agar kerusakan tidak menjalar lebih parah.Coba kuganti lampu ccl nya,dalam kondisi masih terbuka kuhidupkan,dan mampu menyala terang.raster muncul,mesin tidak mati kembali.ketemu nih.kumasukkan lampu pada tempat nya masing masing di bawah dan atas bagian screen LCD,dan berhasil.Alhamdulillah.berikut foto foo nya.


26 Responses to “Service LCD monitor TREQ”


  1. January 26, 2011 at 5:49 am

    Wah masih aktif di dunia fisika dan perlistrikan..hebat-hebat…aku malah agak malas nulis tentang IT:p
    Sukses untuk usaha dan karyamu Chotib…btw kasetku Cranbberies udah kamu balikin belum ya? hehehehehe

    salam,
    dewi puspa

  2. 3 agus sarjono
    January 28, 2011 at 4:12 pm

    mas,saya mau tanya, aku punya monitor lcd dan crt yang rusak, kerusakan sebenarnya cuma menu pada monitor selalu keluar bila di pakai agak lama dan tidak bisa di tutup meskipun aku tekan-tekan tombol exit di bawah layar monitor, tolong informasikan ke saya bagaimana cara mengatasinya, terima kasih sebelumnya

  3. 4 agus sarjono
    January 28, 2011 at 4:15 pm

    mas saya minta tolong, aku punya monitor lcd dan crt yang kerusakannya adalah menu di layar selalu keluar bila dipakai agak lama dan tidak dapat di tutup meskipun aku tekan tombol exit di bawah layar monitor, tolong beritahu saya cara memperbaikinya, terima kasih sebelumnya

    • January 29, 2011 at 1:47 am

      @agus sarjono:merk apa pak?kayaknya masalah di ic program atau eeprom nya.harus tau type ic nya pak,bisa diakali juga asal tau pin pin ic dan fungsinya

  4. 6 agus sarjono
    January 29, 2011 at 4:09 am

    merk adtec built up dari korea

  5. 7 ryan
    April 16, 2011 at 9:02 am

    lampu backlight CCl, utk setiap LCD ap sma? y mas…, saya punya LCD flat LG gejala y…indikator hidup sebentar,terlihat kilatan cahaya sebentar lalu mati lagi (indikator led berkedip2…) tpi setelah saya bongkar LCD normal mau tampil/menyala…..screen server nya aktif, tpi setelah kita pasang lgi ke body flat kaleng nya….kembali berkedip2(lampu led indikator dan tampilan layar y….mohon bantuan…y mas…ap masalah y?

  6. 10 Pengki Sukito
    May 1, 2011 at 2:28 pm

    Salam kenal dari aku Mas…
    Mas, aku punya LCD Treq 15″ Inverternya rusak, apakah ada beliannya Inverter dan kalau ada berapa harganya…? Dan aku ingin pesan…

  7. 11 gendut
    May 12, 2011 at 4:14 am

    tlg mas jelasin ccl tu yang mana sih trima kasih banyak atas penjlasannya

  8. 13 aby
    September 21, 2011 at 1:34 am

    Salam kenal,,,
    Saya punya LCD Treq 14″ bermasalah pada gambarnya, gambarnya seperti negatif film (ga jelas gambarnya). Kira-kira apanya yang bermasalah, mohon pencerahannya… Thanks b4.

  9. November 3, 2011 at 11:24 am

    lam kenal, mas mau tanya, LCD Skyview ku lampu CCLnya terang banget, terus gambarnya membekas. power suply dah aku cek tegangan normal 5v 12v, kira2 rangkaian yang mana yang bermasalah ya mas……………??? di tunggu jawabannya.

  10. January 8, 2012 at 11:45 am

    thank you banget sob! bisa buat tambah pengalaman!

  11. 18 aviv
    February 11, 2012 at 7:17 am

    maw tanya lcd warnanya remang2 knpa ya mas….mhon bantuan,,,,suwun

  12. 20 aditya
    July 5, 2012 at 10:29 am

    mas aku mau tanya klau lcd mati sm sekali g isa di hidupin pdhl g knp2 ithu mslhnya di apanya y
    thanks

  13. 21 Dmtry
    July 25, 2012 at 12:52 pm

    Klu saya juga punya keluhan yang hampir sama mas Mpnitorku treq nyala waktu awal trus etelah 5 menit redup dan gelap pi setelah tombok power ditekan (Direset)normal lagi pi 5 menit gutu lagi kira kira masalah ada dimana ya oh ya klu saya liat dari belakang walau redup dan gelap lampu blacklis tetap menyala tidak berkurang…. mohon penjelasannya…?

  14. October 17, 2012 at 5:02 am

    Pak.. nanya nihh.. Mosfet untuk Inverter Lampu LCD treq bisa di ganti apa yaa?
    truu biasanya itu yang mati apa IC K7500 Sebagai plip plop nya yang mati.. Karna waktu di te arusnya cuman sebentar ada arusss lheeeeebbb trus ilang lagi.. awalnya power supplynya yang overload sampai nyerang komponen inverternyaaa..

  15. October 17, 2012 at 5:07 am

    pak biasanya inverter yang seperti gambar itu harganya kisaran berapa.. trus untk jawatimur dimana belinya..

  16. December 24, 2013 at 9:33 am

    lcd lg ku padam tegangan 5volt dan 12 volt tidak keluar dan setalah di lakukakan pengecekan lagi di trafo swicingnya ada tegangan 298 volt di bagian primernya dan di skundernya kkok tidak ada teganan mohon bantuannya mas…

  17. 25 edises
    November 15, 2014 at 12:20 pm

    mas saya minta tolong saya punya 2 lcd treq 14 in 22nya meleduk
    1. meleduk pada bagian komponen http://i57.tinypic.com/2yn0ab9.jpg cara memperbaikinya gimana ya mas soalnya dah aq ganti komponen tsb malah meleduk lg
    2.meleduk pada bagian komponen http://i58.tinypic.com/24yd0y1.jpg
    dan apakah dua komponen tersebut sama soalnya sama2 220uf 25v -40+105°C dan 220uf 25v -40+105°C1 soalnya saya beli hanya dpt 1 komponen dan saya pasang malah meleduk.
    sebelumnya terima kasih kalo berkenan menjawab.


Leave a Reply

